Tebarkan Iman dengan Cinta, Ubah Dunia dengan Prestasi, Dan Jadikan Hidup Penuh Arti....

Full width home advertisement

My Stories

Post Page Advertisement [Top]

Sebagai seorang muslim, kita diwajibkan untuk sholat 5 waktu dalam sehari. Sebelum sholat, diharuskan tubuh dalam keadaan suci dan bersih. Maka dari itu diwajibkan melakukan suatu ritual pensucian, yaitu wudhu. Selama ini mungkin kita bertanya-tanya, mengapa harus wudhu? Jika mandi saja sebelum sholat, maka belum sah sholatnya. Ternyata wudhu memiliki beberapa manfaat dari sisi medis.

  1. Menghilangkan Mikroba/kuman yang ada pada permukaan kulit.
  2. Berkumur-kumur dapat melindungi mulut dan tenggorokan dari peradangan dan gusi dari nanah (gusi). Hal  ini juga melindungi dan membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. 
  3. Menghirup air ke dalam hidung dapat membersihkan hidung dan menjaganya dari peradangan dan kuman.
  4. Mencuci wajah dan kedua tangan sampai siku dapat menghilangkan debu dan mikroba serta keringat dari permukaan kulit. Hal ini juga membersihkan kulit dari substansi lemak disekresikan oleh kelenjar kulit, dan yang biasanya merupakan tempat yang sangat cocok untuk proliferasi dan kelangsungan  hidup kuman.
  5. Mencuci anggota tubuh dengan pemijatan pada setiap wudhu membantu memperkuat sirkulasi darah di daerah ini, sehingga meningkatkan vitalitas dan aktivitas tubuh. Sains telah membuktikan efek sinar matahari, terutama ultra violet, dalam menyebabkan karsinoma kulit. Efek ini menurun sangat baik dengan konsekuensi dari wudhu, karena terus-menerus permukaan kulit terbasuh dengan air, khususnya bagian terkena sinar tersebut. Ini membantu melindungi permukaan dan sel-sel lapisan internal kulit dari dampak berbahaya dari sinar. 
  6. Wudhu juga dapat meremajakan sel-sel kulit. 
  7. Wudhu sebelum tidur, dapat memberikan kelelapan dan kenyamanan 

Masih banyak lagi manfaat yang lain dari sisi medis yang belum disebutkan. Yang penting kita harus meyakini bahwa apa yang diperintahkan Allah kepada hambanya memiliki hikmah dan manfaat dibaliknya...


Sumber : http://islamic-replies.ucoz.com/Benefits_Of_Ablution.html
              http://miraculousquran.blogspot.com/2009/08/surah-al-maida-56-benefits-of-ablution.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib