Tebarkan Iman dengan Cinta, Ubah Dunia dengan Prestasi, Dan Jadikan Hidup Penuh Arti....

Full width home advertisement

My Stories

Post Page Advertisement [Top]

Minggu, 24 Mei 2015

Hari ini merupakan hari yang paling ditunggu selama berada di daratan Cina. Disneyland Hongkong adalah tujuan kita pada hari ini. Tempat wisata yang berlatarkan film-film dan tokoh-tokoh Disney ini merupakan salah satu tempat wisata internasional yang terdapat di beberapa negara, yang salah satunya yang terdekat dari Indonesia adalah di Hongkong. Adapun negara lainnya yaitu di California, negara bagian Amerika Serikat, yang merupakan Disneyland pertama di dunia, di Florida, masih negara bagian Amerika Serikat, yang merupakan Disneyland terluas di dunia, di Tokyo-Jepang, dimana terdapat 2 macam wisata Disney, yaitu Disneyland dan Disney Sea, dan terakhir di Paris-Perancis. Disneyland Hongkong itu sendiri merupakan Disneyland terkecil diantara yang lainnya, meski begitu banyak turis yang membanjiri tempat ini, terlebih lagi turis dari negara-negara ASEAN.

Awalnya kami berencana berangkat lebih awal dari hotel menuju Disneyland, karena perjalanannya cukup jauh dan terlebih lagi kita harus melewati terminal imigrasi Shenzhen-Hongkong yang sangat ramai pada hari minggu ini. Tetapi karena ada beberapa kendala, mulai dari yang kesiangan, sakit perut, sampe barang-barang yang ketinggalan di kamar hotel, sehingga membuat keberangkatan tertunda. Hari ini memang hari terakhir kami di hotel tersebut, karena malam ini kami akan bermalam di Hotel Metropark Kowloon, Hongkong.

Akhirnya kami berangkat sekitar pukul setengah Sembilan pagi. Kami berangkat menuju terminal, dan memang lalu lintasnya lebih padat dari hari-hari kemarin, tapi tidak semacet di Jakarta ya… Sesampainya di terminal, suasananya memang sangat ramai dan padat, karena banyak yang ingin berlibur ke Hongkong. Oh iya, katanya kalo hari libur begini, orang-orang cina pergi ke Hongkong, kalo gak buat liburan, pasti buat belanja. Kenapa? Karena katanya kalo barang-barang di cina itu kebanyakan barang-barang yang KW (palsu/tiruan), jika ingin beli barang yang ori dan branded, maka belinya di Hongkong. Bahkan sampai susu bayi pun dibuat tiruannya, sehingga ibu-ibu yang ingin membeli susu yang berkualitas untuk anaknya, maka harus beli di Hongkong.

Seperti biasa, di terminal kami harus baris untuk melewati imigrasi. Dan memang sangat banyak sekali pengunjung sampai aku sempat khawatir kalo aku nyasar. Untuk melintas, kami memang harus melewati 2 bagian imigrasi di dalam terminal. Imigrasi pertama sudah ku lewati dengan lancar, sampai aku berjalan menuju imigrasi yang kedua, aku diarahkan oleh petugasnya. Awalnya aku bingung, kok kelihatannya orang cina semua yang ngantri di bagian ini… apa aku yang salah ikut ngantri, atau emang bener, soalnya aku sama sekali tidak melihat teman serombonganku yang ngantri di bagian imigrasi ini, bahkan terpisah dengan adekku. Sampai akhirnya sampai ke loketnya, dan kemudian ditanya-tanyain sama petugasnya, asalnya dari mana, pekerjaannya apa, ke sini mau ngapain, sama siapa perginya, dan lain-lain. Waktu itu aku berpikir kalo aku emang bener-bener salah masuk loket, karena waktu pengecekanku lebih lama dibandingkan yang lain. Aku sampai deg-degan, dan berpikir kalo petugasnya akan memanggil petugas keamanan untuk mengantarku ke loket yang benar. Tapi ternyata tidak, passportku selesai dicek kemudian diberikan dan aku dibiarkan lewat. Huft… tapi aku masih berpikir kalo aku nyasar, sampe akhirnya aku menemukan kembali rombonganku di luar terminal, dan masuk ke bis. Ternyata memang begitu, semua orang di bisku juga terpisah-pisah, karena petugasnynya mengarahkan pengunjung ke loket yang lebih sepi, jadi menyesuaikan dengan jumah masing-masing orang di tiap loketnya.. Alhamdulillah, jadi tadi sebenernya ga salah masuk loket. Kami pun langsung pergi ke Metropark Hotel untuk menitipkan koper-koper kami. Kemudian kami langsung berangkat lagi menuju Disneyland.

di depan pintu masuk disneyland

Sekitar pukul 1 siang, kami sampai di Disneyland. Yeay! Akhirnya ke Disneyland juga… Tahun 2013 lalu, aku sudah pernah berkunjung ke Disney Sea Jepang, tapi karena jumlah pengunjungnya yang padat dan juga baru masuk di waktu petang, sehingga waktu itu hanya menikmati 4 wahana saja. Awalnya aku berpikir demikian di Disneyland sini, apalagi sekarang hari minggu, harinya berwisata bersama keluarga atau sahabat, pasti ramai sekali dan tidak bisa menikmati banyak wahana. Kami menunggu tour guide kami membeli tiket masuk. Sambil menunggu, kami berfoto-foto dulu di gerbang Disneyland dan juga makan burger yang sebelumnya dibagikan tour guide. Beberapa menit kemudian kami pun berkumpul untuk briefing dan pembagian tiket. Ada 2 tiket yang dibagikan, yang pertama adalah tiket masuk, dan yang kedua adalah tiket/voucher makan di dalam Disney. Di Disneyland ternyata tidak diperbolehkan membawa makanan. Untuk minuman diperbolehkan hanya 1 botol saja masing-masing orang. Sebelum masuk, setiap pengunjung akan diperiksa dulu jika membawa tas.

disneyland map guide

Aku berjalan-jalan bersama adekku dan 1 teman cewek yang seumuran dengan kami berdua. Maklum, peserta yang lainnya kebanyakan orang tua, jadi kalo ikut bareng bersama mereka, nanti habis waktu dijalan, makanya kami memisahkan diri, agar bisa leluasa dan dengan cepat bergerak ke tiap-tiap wahana, agar bisa menikmati semuanya. Ternyata tidak seramai yang ku perkirakan, waktu tunggu kami untuk naik tiap wahana tidak terlalu lama, sehingga kami dapat menikmati banyak wahana di sini. Di sini wahana permainannya dibagi menjadi beberapa bagian yaitu, Toy Story Land, Mystic Point, Grizzly Gulch, Adventureland, Mainstreet U.S.A, Fantasy Land, dan Tomorrow Land.

depan sleeping beauty castle
Saat memasuki pintu masuk, kami mengambil guide map dan show time untuk merencanakan wahana-wahana yang akan dikunjungi. Pertama-tama kami melihat jadwal pertunjukan yang bagus untuk ditonton apa saja dan pada jam berapa, kemudian baru kami menentukan wahana yang akan dinaiki sambil menunggu pertunjukan dimulai, agar waktu kami di sana tidak sia-sia.

Yang pertama yang kami kunjungi adalah pertunjukan “Festival of Lion King” yang terdapat di Adventureland. Pertunjukan teater musical tentang cerita dalam film ‘Lion King’ pertama. Pertunjukkannya sangat mengagumkan. Tarian-tarian yang dipadukan dengan parade tokoh-tokoh dalam film ini, serta music-musik soundtracknya mengingatkanku tentang film ini. Lagu-lagunya sudah tidak asing lagi bagiku karena sudah menonton film ini. Film ini merupakan film Disney yang pertama ku punya CD nya waktu aku SD dulu, sehingga benar-benar mengingatkanku akan masa itu.

Lion King Show

Wahana kedua yang ku kunjungi masih di sekitar adventureland, yaitu ‘Tarzan’s Treehouse.’ Disini kita akan menyembrangi sungai dengan perahu kayu ke rumah pohon tarzan, dan menaiki rumah pohonnya. Di sini hanya terdapat patung-patung dan gambar-gambar yang menceritakan tentang tarzan. Setelah dari rumah tarzan, kami ke ‘Jungle River Cruise.’ Di sini kami menaiki perahu menyusuri sungai di daerah hutan rimba tempat tinggal tarzan. Banyak hal-hal menarik, mulai dari gajah-gajah dan kuda nil yang menyemburkan air, melihat aktifitas gorilla, masuk daerah angker, dan lain-lain.

Tarzan's house

Setelah dari adventureland, kami menuju Mystic Point. Di sini, kami melewati Garden of Wonders menuju ‘Mystic Manor.’ Di dalamnya, kami diperlihatkan penemuan-penemuan ‘Lord Henry’ (salah satu tokoh Disney) dengan menaiki kendaraan magnet. Sebelum menaiki kendaraan, sambil mengantri kami di perlihatkan lukisan dan gambar-gambar serta miniature yang berhubungan dengan film ini. Kemudian masuk ke dalam ruangan dan dipertontonkan video singkat sambutan dari Lord Henry. Setelah itu kami menaiki kendaraan magnet menyusuri ruang-ruang penemuan Lord Henry. Cukup menyeramkan dan mengagetkan di dalam karena gelap dan juga animasi-animasi serta gerakan boneka-boneka/patung-patungnya yang agak seram dan mistik, ditambah lagi dengan soundtracknya seperti di film-film horror.

Mystic Manor tampak luar

dalam ruangan menonton video lord henry
kendaraan magnet

salah satu ruang penemuannya

Dari Mystic Manor, kami bertiga menuju Fantasyland. Pertama kami menonton ‘Mickey’s PhilharMagic’ yang merupakan film 4 D tentang Mickey and Friends. Film ini berdurasi sekitar 10 menit. Sebenernya filmnya lebih menceritakan tentang Donald duck dalam mengejar topi ajaib punya mickey dan juga kesialan-kesialan yang dialaminya sehingga membuat film ini terlihat lucu. Setelah itu kami menonton pertunjukan lagi, ‘The Golden Mickey.’ Pertunjukan teater tarian-tarian yang menceritakan tentang perjalanan film-film Disney. Pertunjukannya perpaduan antara animasi dan juga penampilan cosplay-cosplay Disney. Ada yang mengenakan kostum mickey dkk, tarzan, little mermaid, mulan, beuty and the beast, toy story, lilo and stich, dan lain-lain. Setelah menonton show, masih di Fantasyland, kami ke wahana ‘It’s small world.’ Disini seperti istana bonekanya Dufan, naik perahu menyusuri boneka-boneka yang mengenakan pakaian tradisional dari semua negara sambil diperdengarkan lagu dengan bahasa-bahasa di dunia.

dalam istana

toy story land

Grizzly Gulch

baked salmon
            Berkeliling-keliling Disney membuat kami kelaparan, apalagi waktu sudah mulai maghrib, akhirnya kami memutuskan untuk makan dulu sebelum menonton parade malam jam 7 nanti. Kami makan di ‘Explorer’s Club Restaurant’ yang ada di Adventureland. Restoran ini menyediakan makanan dari Jepang, Korea, Tailand, dan negara ASEAN lainnya termasuk Indonesia. Salah satu menu Indonesia yang ada di sini adalah Sate Ayam dengan lontong. Kami pun memutuskan untuk makan makanan Jepang, yaitu Ikan Salmon Panggang dengan minum jus jeruk. Saat kami bertanya ke penjaga restoran di depan pintu, katanya kami dapat menggunakan voucher makanan untuk semua menu kecuali hanya satu menu saja yang paling mahal, ku lupa apa menunya. Tapi saat kami mau bayar pake voucher tersebut, ternyata masih kurang 26 $HKD lagi. Ternyata setelah dicari tahu, voucher itu senilai 125 $HKD, sedangkan makanan yang kami pesan seharga 130 $HKD, jadi masih kurang, haduh.. nombokin dah. Makanannya memang sangat mahal sekali, bayangkan saja, untuk 1 paket makan dengan ikan salmon, nasi, sayuran serta jus jeruk saja seharga 130 $HKD atau sekitar Rp 221.000, duh berlagak jadi orang kaya disini…

Setelah kenyang, kami langsung saja mencari tempat untuk menonton Night Parade. Kami mengambil tempat di sekitar Tomorrowland. Paradenya sangat bagus dan spektakuler. Tokoh-tokoh Disney berparade melewati para pengunjung sambil menari-nari dan dihiasi dengan pencahayaan dan atribut yang sangat bagus. Parade berlangsung selama sekitar 30 menit. Dimulai dari samping wahana ‘Space Mountain’ di Tomorrowland dan berakhir di Mainstreet U.S.A.

Masih ada waktu untuk menikmati wahana sebelum menonton kembang api  jam 9 malam nanti, kami pun menaiki ‘Space Mountain’ di Tomorrowland tsb. Kami melihat tempat tersebut masih sepi dan dibuka, langsung saja kami ke sana. Tanpa antri panjang, kami langsung duduk di kereta wahana, untuk menjelajah angkasa. Awalnya kami berpikir kalo keretanya hanya berjalan lambat sambil memperlihatkan penampakan luar angkasa. Tetapi itu semua di luar dugaan. Di dalam ruangan yang gelap, kami seperti naik jetcoster. Bedanya kalo ini di dalam ruangan dan gelap, jadi sama sekali tidak melihat lingkungan sekitar seperti apa. Aku jadi merasa tertipu…

Selesai dari space mountain, kami sedikit pusing sampai diam sejenak sambil bersandar di pagar. Tadinya kami pengen naik wahana ‘Autopia’ ternyata ngantrinya lama, dan setelah dilihat di map panduan, ternyata wahananya sejenis kaya space mountain. Heehh… nggak deh. Akhirnya kami langsung mencari tempat untuk menonton kembang api berhubung waktu juga sudah jam setengah 9. Orang – orang pun sudah banyak yang mengambil tempatnya masing-masing. Pertunjukan kembang apinya berpusat di ‘Sleeping Beauty Castle.’ Mulai dari depan kastil tersebut sudah mulai di batasi area nontonya dan sudah banyak orang yang duduk lesehan di situ.

Saat waktu menunjukkan pukul 9, kembang api pun dimulai. Dimulai dengan sedikit animasi di dinding kastil dan juga dengan soundtracknya Disney ‘A Whole New World’(ost. Aladin) yang dilanjutkan dengan pertunjukkan kembang api yang sangat menakjubkan. Kembang api saling bersaut-sautan mengikuti irama musiknya. Pertunjukkan ini berlangsung sekitar 10 menit. Orang-orang berkumpul di pusatkan di area depan kastil, sehingga disitu sangat padat sekali. Sebelum kembang api berakhir, kami sedikit demi sedikit berjalan menuju pintu keluar sambil menonton kembang api. Karena kalo kami baru keluar pas setelah kembang api selesai, maka akan berdesak-desakan dengan orang sedisney. Karena setelah dari sini, kami akan belanja di ‘Ladies Market’, kalo kemaleman nanti keburu tutup.

Firework Disneyland Hongkong

Menonton kembang api di sini selain sangat menarik, juga cukup romantis bagi sepasang kekasih. Tidak sedikit orang yang mengunjungi Disney hanya pada malam hari saja hanya untuk menonton kembang api bersama pasangannya. Pertunjukan kembang api ini diadakan setiap hari, yang katanya setiap harinya menghabiskan dana jika dirupiahkan sebesar 50 juta rupiah hanya untuk kembang api. Sungguh pengeluaran yang sangat fantastis untuk kembang api saja. Dan katanya kembang api disini lebih bagus daripada di Disneyland lainnya.

Perjalanan kami belum berhenti disitu. Selesai dari Disneyland, kami kembali ke hotel untuk Check in kamar dan menaruh barang di kamar. Setelah itu kami pergi ke ‘Ladies Market’ untuk berbelanja souvenir untuk oleh-oleh. Letaknya tidak jauh dari hotel, sekitar 10 menit jika jalan kaki. Kami pun berjalan kaki kesana. Di sana banyak menjual pernak-pernik juga pakaian dengan harga murah. Untuk kaos saja 100 $HKD dapet 5 potong, dan gantungan kunci seharga 100 $HKD untuk 6 buah. Tapi setelah ditawar akhirnya dapet lebih murah. Kaos yang tadinya dapet 5, jadi dapet 9 dengan harga sama dan gantungan kunci dapet setengah harganya. Aku dan adekku pun hanya membeli kaos dan gantungan kunci saja sebagai oleh-oleh. Kemudian kami pulang ke hotel masing-masing.

Senin, 25 Mei 2015

dalam Jewellery Shop
            Pagi ini kami berkemas menyiapkan barang bawaan kami, karena sore harinya akan pulang ke Jakarta. Tapi masih ada jadwal tour untuk hari ini, yaitu ke Jewellery Shop dan Choccolate Shop. Di Jewellery shop, kami diperlihatkan pengambilan dan pembuatan berlian, serta sumber-sumbernya. Tetapi namanya juga orang cina, ujung-ujungnya promosi biar beli perhiasan. Aku sih Cuma liat-liat aja, abisnya juga mahal-mahal. Katanya, disitu merupakan pusatnya berlian. Bahkan Indonesia pun mengimport dari situ. Katanya juga, pemegang saham terbesarnya adalah aktor Hongkong yang terkenal dengan bela dirinya yang akrobatik, Jackie Chan.

Setelah dari toko berlian, kami ke toko coklat. Saat pertama masuk ke toko tersebut, kami langsung disodori coklat untuk dicoba sambil penjualnya teriak-teriak “Halal…Halal…, This is Halal Food…” emang sih tulisannya halal.. tapi harganya juga mahal banget dan kurang rasional buat ukuran harga coklat. Pas aku iseng-iseng liat coklatnya, ternyata coklat yang halal itu buatan Malaysia… Pantesan. Coklat yang lainnya juga mahal-mahal dan ga ada label halalnya. Tadinya mau beli, tapi akhirnya ga jadi, karena kemahalan dan uang juga tinggal sedikit.

Selesai dari toko coklat, kami langsung menuju bandara untuk kembali pulang ke Jakarta….