Tebarkan Iman dengan Cinta, Ubah Dunia dengan Prestasi, Dan Jadikan Hidup Penuh Arti....

Full width home advertisement

My Stories

Post Page Advertisement [Top]




Sudah sekitar 4 bulan lamanya, kami berpisah. Paviliun, itulah sebutan untuk rumah kontrakan yang dulu pernah kami tempati. Dan kami pun menyebut diri kami sebagai penghuni paviliun, atau teman – teman biasa memanggil ‘anak paviliun.’ Paviliun itu sendiri artinya adalah rumah atau bagian tambahan dari rumah utama. Memang benar, rumah kontrakan kami adalah bagian dari rumah pemiliknya yang dipisahkan oleh dinding. Letaknya tidak jauh dari asrama putra dan asrama putri kedokteran UIN. Tiga tahun sudah kami tinggal disana tentu meninggalkan banyak kenangan yang tak terlupakan. Dan entah mengapa, sampai sekarang aku masih rindu dengan suasana di paviliun.

Di Paviliun terbagi menjadi 2 masa, dimana masa pertama yaitu 2 tahun pertama beranggotakan anak farmasi dan kesmas, dan masa kedua  setahun berikutnya, yang hanya beranggotakan anak farmasi. Pada masa pertama, kami berjumlah 8 orang, 4 orang Kesmas dan 4 orang farmasi. 3 orang dari kesmas tersebut adalah kaka kelas kami, sedangkan 1 orang lagi seangkatan. Pada masa kedua, hanya beranggotakan 6 anak farmasi, karena kakak kelas kesmas sudah lulus, dan 1 orang temen kesmas kami pindah kosan, kemudian ditambah 2 orang anak farmasi lagi. Disini aku ingin sedikit bercerita tentang para penghuni paviliun. Tapi aku tidak akan menceritakan tentang kakak-kakak kelasnya. Enggak enak aja. Oke, kita mulai….


Fahrur Rahman

Kenapa dia yang pertama disebut? Karena kalo menurutku, dialah ketua geng paviliun. Kenapa bisa begitu? Karena dia yang paling sering ngurusin kontrakan, mulai dari iuran bulanan kita, uang keamanan, kebersihan, dan listrik, paling sering berhadapan dengan ibu yang punya rumah, sampe yang nyatet-nyatet pengeluaran bulanan. Seringkali dia yang ingetin kita tentang segala hal yang berhubungan dengan paviliun. Dia itu orang yang cara berbicaranya paling dewasa kalo lagi serius, apalagi kalo memang berhadapan dengan orang dewasa. Tapi sering juga kok dia bertingkah kekanak-kanakan, haha…





Arsyadanie Saifi Adli

            Yang paling ku ingat dari dani kalo di paviliun, dia adalah orang yang paling cepat tidur malemnya. Apalagi kalo esok harinya ga ada tugas atau ujian, pasti tu orang jam 9 aja udah tepar. Meskipun terkadang bilangnya mau nonton film di laptopnya, tapi ujung-ujungnya ketiduran dan malah jadi ditontonin sama laptop. Kalo masa ujian pun dia yang paling cepet tidurnya, disaat yang laen masih pada baca-baca, dia sudah tertidur pulas dengan memegang print out slide atau bahan ujian besoknya. Tapi jangan salah, dia belajarnya tengah malem disaat kita semua pada tidur. Saat bangun, pasti ngeliat dia lagi belajar, meskipun terkadang sambil ngantuk-ngantuk juga…. Hehe.. ya mungkin dia yang menjadi tempat bertanya kami jika ada pelajaran yang tidak dimengerti. Tapi sering juga dia nanya-nanya tentang hal yang dia tidak mengerti.  Dia juga sering dengerin lagu pake headset sambil nyanyi-nyanyi sendiri.


Arum Samudra

            Kalo ku lihat Arum, dia orang yang santai dalam belajar dan seperti orang yang mudah pasrah kalo mau ujian. Tapi dia baik dan enak dimintai tolong. Seringkali aku ditolongin nyari catetan temen buat difotokopi sebelum ujian sebagai bahan belajar, hehe…  Dia orang yang kami andalkan dalam hal pekerjaan kasar seperti ngangkat-ngangkat barang, manjat-memanjat, pukul-pukul, dll. Bukannya mau memperlakukannya seperti tukang/kuli, tapi karena dia yang paling semangat dalam hal seperti itu.







Fuad Hilmi Sudasman

            Fuad atau yang biasa dipanggil ahong adalah satu-satunya anak kesmas yang seangkatan dengan kita di paviliun. Dan dia juga satu-satunya yang punya kasur di paviliun, sedangkan yang lain cuma beralas karpet aja. Seringkali ketika dia pulang telat, ternyata kasurnya sudah ditempati oleh yang laen. Tapi ketika kita terbangun dan meminta maaf, dia cuma bilang “Udah gapapa,,, santai aja,,” Yang dia lakukan ketika itu mengambil bantal gulingnya kemudian gelar selimutnya atau sajadah diluar kamar. Haha.. kasian juga sih.. emang anaknya asyik dan enak diajak ngobrolin apa aja. Dia orang yang satu-satunya naek sepeda sementara yang laen pada naek motor. Ahong pindah kosan setahun terakhir. Katanya sih biar bisa fokus skripsi… emang kasian juga sih dia kesmas sendiri, jadi ga ada temen buat diskusi tentang bidangnya.



Denny Akmal
            Deny baru masuk paviliun di tahun terakhir. Semenjak kedatangan deny, kita jadi bisa lebih mandiri, dalam arti masak sendiri. Karena deni bawa kompor gas, panci, wajan, dan perabotan masak lainnya. Biasanya kami cuma bisa masak nasi aja pake ricecookernya ahong, tapi setelah kedatangan deny, kita jadi bisa masak lauknya juga,,, ya… minimal telor ceplok lah. Setelah itu kita jadi rajin masak-masak, ya.. yang gampang-gampang aja sih,, paling nasi/mie goreng, telor, tempe/bakwan… ya… gitu lah, anak cowok ga mau  ribet. Kalo lagi senggang, seringkali dengerin genjrengan gitarnya sambil nyanyi, meskipun terkadang kita juga merasa terganggu sih…



Chandra Lidansyah

            Sama kaya deni, Chandra masuk di tahun terakhir. Tapi sebelumnya, dia juga sering nginep di paviliun, apalagi kalo masa ujian. Chandra nih seneng banget nyekokin kita sama film-film/video gaib, seperti penampakan-penampakan, orang kerasukan, uji nyali, uji kekebalan dan sejenisnya. Atau video-video lucu. Dia jagonya dalam membuat kita terhibur, tertawa karena ocehannya, ceritanya, bahkan ejekan-ejekannya, meskipun terkadang ejekannya tuh keterlaluan juga… Dia juga sama kaya deny, sering maenin gitarnya sambil nyanyi-nyanyi sendiri. Kadang-kadang browsing internet nyari kunci gitar lagu-lagu yang dia suka.





Fikry Awaluddin

            Nah… kalo ini aku. Ga enak juga sih kalo nyeritain tentang diri sendiri, takut dikira sombong. Tapi gapapa lah, sedikit aja. Kalo di paviliun, aku orang yang paling rajin bersih-bersih (Pede banget), mulai dari buang sampah, nyuci-nyuci piring, ngelap meja, nyapu ngepel, dll. Padahal udah ada jadwal piketnya, tapi jadwal itu cuma jadi pajangan dinding aja. Itu kalo mode rajinnya lagi ‘on’. Kalo lagi males, ya  dicuekin aja sampai ada yang sadar buat bersihin. Soalnya sering kesel juga kalo rumah berantakan. Dari pada nyuruh orang, mending kerjain sendiri aja. Ini terbukti lho…, sejak aku sudah jarang tinggal di paviliun, mulai semester 8, paviliun kaya kurang terurus gitu.. hehe..



Selain para penghuni tetap diatas, ada juga penghuni tidak tetapnya loh… jadi mereka sebenernya ga tinggal di paviliun, tapi sering nginep.


Dwikky Sunu Prayogo

            Dwikky ini yang paling sering nginep di paviliun. Lebih sering nginep di sini daripada di kosannya sendiri. Mungkin kosannya cuma jadi tempat penitipan barang-barang dia aja kali. Padahal awalnya kita sudah ngajakin dia buat tinggal bareng aja, tapi dianya ga mau, disuruh ortunya ngekos sendiri katanya, alah… ujung-ujungnya juga sering nginep di sini juga. Seringkali kalo datang ke paviliun, dia bawain martabak buat kita, hehe… kebiasaannya kalo disini, nonton anime sambil telentang dengan netbook kecilnya diatas dada, atau posisi badan miring, netbooknya ditaro di samping. Dan terkadang dia yang ditontonin netbooknya karena ketiduran waktu nonton. Dia juga jadi bahan ejekannya si Arum. Begitu juga sebaliknya. Kalo ketemu di kosan, pasti mereka berdua ejek-ejekan, apalagi kalo Chandra udah ikut-ikutan, udah deh, pasrah aja. Tapi itu Cuma candaan semata aja,,, ga serius. Tetep berteman baik kok… iya kan? Iya kan?


RM Rendy Hidayatullah
            Rendy tuh temen nongkrongnya candra di teras paviliun waktu malem. Apalagi kalo masa ujian, mereka berdua belajarnya diteras paviliun sambil ngopi-ngopi / ngekstra joss. Kalo datang/pulang dari paviliun, sering kali bareng dwikky, karena emang kosannya searah. Dia satu - satunya yang ga punya motor, jadi kalo mau kemana-mana, pasti nebeng terus. Tapi Rendi tuh orang yang paling tahu diri, kalo dia cuma numpang nginep aja, jadi kalo misalnya udah banyak yang nginep, atau kamar udah penuh, dia pasti dengan kesadaran sendiri tidurnya di luar kamar beralaskan sejadah.







Erwin Prawirodiharjo

            Kalo Erwin biasanya dateng kalo masa ujian atau ada tugas aja. Seringkali dia bilang datang ke paviliun mau belajar malem, tapi ujung-ujungnya, baru dateng langsung tidur. Pagi-paginya baru deh belajar. Dia kalo belajar, pengennya diajarin sama yang laen, padahal sebenernya dia sendiri juga udah bisa sih…, tapi ngotot-ngotot minta diajarin.








Haha… itulah para penghuni paviliun. Selain mereka-mereka diatas, sebenernya masih ada juga yang lain. Semua anak cowok farmasi 2010 pasti pernah nongkrong disini, karena bisa dibilang ini basecamp-nya anak cowok farmasi 2010. Kalo udah masa ujian, pasti rame deh di sini. Sampe-sampe parkiran buat motor penuh. Kasian orang yang terakhir dateng, harus geser-geser motor dulu buat masukin motornya. Bahkan kalo mau keluar pake motor, kita suka ngetekin tempat dulu buat parkir motor kita, haha… segitunya… Nggak cuma buat parkir motor yang ditekin, tapi tempat buat tidur juga, haha…

Sering banget kita ngadain acara kumpul-kumpul cowok farmasi 2010 disini sambil nyate-nyate, meskipun bukan dalam rangka apa-apa. Biasanya belanja dulu bareng-bareng, trus motong-motong dan tusukin satenya, abis itu dibakar. Dan setelah itu kita makan bareng. Acara kumpulnya ga cuma nyate aja. Kadang-kadang kita nonton bareng, makan-makan bareng di luar, atau main ice skating. Sesekali kita maen futsal bareng. Seringkali kalo kita rencana makan bareng di luar, ga ada yang mau mutusin makan apa dan dimana, kebanyakan pada bilang “gue mah ikut aja...” Lha semuanya bilang begitu, ya jadi bingung mau makan dimana. Terkadang mesti aku yang mutusin makan dimananya.

Nyate-nyate...


Abis futsal
Kalo hari minggu, kadang-kadang paginya kita jalan olah raga pagi ngiterin situ gintung, dan pulangnya mampir ke pasar MP (Madrasah Pembangunan), yang cuma ada di hari minggu, buat beli sarapan, sambil liat-liat bazar. Hari minggu tuh harinya bersih-bersih, nyuci-nyuci baju. Jemuran pasti penuh kalo hari minggu, sampe kadang bingung mau jemur pakaian dimana lagi. Hari ini juga hari males-malesan, karena kalo ga ada kegiatan, siangnya pasti nonton-nonton atau tidur-tiduran.

O iya, dulu kita pernah ikut fitness di Syahida Inn, kampus 2. Jadwalnya biasanya malem hari selang seling, sehari fitness, sehari nggak. Mulai abis isya sampe jam 9 malem. Itu waktu kami masih semester-semester awal. Setelah masuk semester akhir, kami hentikan, karena biar fokus buat tugas akhir katanya..

Masih banyak lagi kenangan-kenangan lainnya ketika masih tinggal serumah di paviliun, yang ga bisa ku ceritain semuanya. Tidak jarang juga ada konflik diantara kita, tapi hanya berlangsung sementara, dan kita tetap berteman baik. Hingga akhirnya waktu yang membuat kita berpisah. Berpisah disini maksudnya tidak serumah lagi. Nyatanya kita masih sering ketemu di kampus kok.

Sehari sebelum bubaran, kami bebenah rumah dan meloakkan slide-slide kuliah dan barang-barang yang tidak terpakai lainnya sampai teras rumah yang biasanya diparkirin motor, hari ini penuh dengan barang yang mau diloakkan. Alhamdulillah, hasil loakan barangnya bisa dibeliin pizza domino, yang kebetulan waktu itu hari selasa, jadi beli satu dapet dua. Haha…  


Makan Pizza dari hasil loakin slide kuliah

Bukber @my home


Begitulah cerita tentang anak paviliun. Ini adalah pendapatku tentang mereka. Mungkin mereka juga punya pendapat lain tentang paviliun. Ini merupakan salah satu ungkapan rasa kangenku dengan suasana di paviliun dan kebiasaan – kebiasaan mereka. Maaf ya kalo ada yang tersinggung. O iya, teman-teman paviliun yang mau menambahkan pendapatnya atau ceritanya tentang paviliun, silahkan komen di bawah ya….







2 komentar:

  1. bingung mau komen apa.. secara keseluruhan udah terangkum ditulisannya.. ^^

    sebelumnya gw mau mengucapkan terima kasih karena hampir sangat seringnya gw nginep di paviliun.. :P
    terima kasih kalian sudah jadi sahabat yang baik selama 4 tahun ini..
    terima kasih kalian sudah jadi tempat sharing yang baik..
    terima kasih kalian mau berbagi ilmunya dengan gw..

    kalian, yang punya kepribadian yang berbeda-beda, sifat yang berbeda-beda.. tapi kita tetep satu kan? ^^

    inget saat kalo nyari makan, pada males gerak.. udah depan pager ga ada yang mau nentuin makan dimana? 10 menit cuma saling lempar2an buat nentuin makan dimana hahaha

    saat bakar2 sate.. udah berapa kali ya?
    saat belajar bareng..
    saat santai, ada yang sibuk nonton, ada yang sibuk ngerjain tugas organisasi, ada yang sibuk bikin poster, ada yang sibuk gitaran, saat sibuk ngerjain tugas kuliah bareng.. nyari ini itu.. saat sibuk pkl, bangun pagi, bikin bekel.. saat udah ada yang sibuk bolak balik LIPI, ada yang masih galau skripsi sama penelitiannya.. ada yang udah santai2 dirumah docking hehehe :P


    overall.. terima kasih buat semuanya ya teman.. semoga kita semua sukses di masa depan.. jangan putus komunikasinya.. aamiin..

    BalasHapus

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib